Habib yang Pejuang

Nama Habib Husein bin Abu Bakar Alhabsyi cukup dikenal bukan hanya di Jawa Timur, tapi juga di Nusantara. Putra kelahiran Surabaya 21 April 1921 ini, dikenal sebagai tokoh yang sangat vokal dalam membela Islam. Lebih-lebih pada masa Orde Baru, ustadz yang pernah menduduki kepengurusan teras Masyumi bersama Dr Mohamad Natsir ini, tidak jarang harus berhadapan dengan penguasa di zaman itu.
Beliau masyhur dikenal dengan julukan "Habib Basirih / Datuk Keramat Basirih". Begitulah orang kalimantan mengenal Beliau karena Beliau tinggal dan di makamkan di kampung Basirih (Banjarmasin-Kalimantan Selatan),Di mata orang Kalimantan Beliau adalah seorang Wali Quthub yang Waro' dan memiliki berbagai kelebihan/karomah yang luar biasa dan ajaib. Tanah makam beliau naik secara sendirinya membentuk sebuah tumpukkan gunungan kecil dan selalu tercium bau harum. Beliau memiliki sebuah kolam sumur tempat beliau mandi yang sampai sekarang masih terawat apik disekitar komplek makam beliau. Air kolam tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan memberikan banyak berkah lainnya.
Habib Cikini, begitulah sebutan yang biasa diucapkan banyak orang untuk sosok al-Habib Abdurrahman bin Abdullah al-Habsyi. Beliau terlahir dari keluarga al-Habsyi pada cabang keluarga al-Hadi bin Ahmad Shahib Syiib. Ia generasi pertama dari garis keturunan keluarga yang terlahir di Nusantara atau generasi kedua yang telah menetap di negeri ini.
Al-Habib Al-Qutub Abubakar bin Muhammad Assegaf lahir di kota Besuki, Jawa Timur, pada tahun 1285 H. Semenjak kecil beliau sudah ditinggal oleh ayahnya yang wafat di kota Gresik. Pada tahun 1293 H, Habib Abubakar kemudian berangkat ke Hadramaut karena memenuhi permintaan nenek beliau, Syaikhah Fatimah binti Abdullah Allan.
Bahsani Terima Kunjungan Dirut Wärtsilä Finlandia
Mukalla-hadhramaut.info, Gubernur Hadhramaut, Faroj Salimin al-Bahsani menerima kunjungan Direktur Utama (Dirut) perusahaan Wärtsilä asal Finlandia bersama rombongan di kantor gubernur kemarin Kamis (16/05) Mukalla.
seterusnya
Gubernur Beri Penghargaan Pemenang Musabaqah Hifdzul Quran (MHQ) Gubernur Hadhramaut, Faraj Salimin Bahsani, menghadiri acara penghargaan para pemenang MHQ yang diadakan oleh Kementerian Awqaf untuk tahun 1440 dengan Motto Menjelang Ramadhan Bulan Diturunkannya Al-Quran, MHQ ini selama 5 hari mulai tanggal 15-21 Sya'ban 1440H yang bertepatan dengan 20-25 April 2019, perlomabaan ini diikuti oleh 70 peserta putera dan puteri dan terpilih sebagai pemenang 12 peserta. seterusnya
Gubernur Temui Ketua dan Anggota Organisasi Seni Suara Hadhramaut Gubernur Hadhramaut, faraj Salimin Bahsani, menemui ketua dan anggota Organisasi Musik dan Seni Suara Hadhramaut bersama beberapa seniman senior. seterusnya
Gubernur Hadhramaut Turut Berduka Atas Meninggalnya Polisi Salim Bin Jauhar Gubernur Hadhramaut, Faraj Salimin Bahsani, menyampaikan ungkapan turut berduka cita atas meninggalnya, Wakil Manajer Polisi Lalu Lintas, Mayor Salim Hasan Bin Jauhar, yang meninggal pada hari Rabu, 9 Mei 2019, di Mesir. seterusnya
FAO Diskusikan Perencanaan Proyek Kemasyarakatan Di Hadhramaut Organisasi Pangan Dan Pertanian PBB (FAO)di Ibukota sementara Aden, mengadakan rapat luas untuk melaksanakan proyek Pro Act yang bertujuan meningkatkan kemampuan untuk bertahan di tingkat keluarga dan masyarakat di distrik Hajr Provinsi Hadhramaut. seterusnya
Agen IFAD Setujui 41 Juta USD Untuk Pemberdayaan Sektor Perikanan Dan Pertanian Di Yaman Agen Internasioal yang bergerak di bidang pengembangan pertanian IFAD menyetujui pendonoran 41 juta USD untuk pengembangan sektor pertanian dan perikanan di Yaman. seterusnya
Yaman Teken MoU dengan Kadin Malaysia
Aden-hadhramaut.info, Kementerian Perikanan (Kemenperik) dan Kamar Dagang dan Industri (KAdin) Malaysia menandatangani nota kerjasama di bidang perikanan hari ini, Sabtu (03/05) di Ibu Kota transisi, Aden.
seterusnya
7 Bulan Terakhir BCY Kembalikan 390 Miliar YR
Aden-hadhramaut.info, Selama tujuh bulan terakhir, Bank Central Yaman (BCY) berhasil mengembalikan riyal sebanyak 390 miliar dari hasil penjualan di perbatasan al-wadi'ah ditambah 86 miliar 600 juta untuk perdagangan dari hasil perbedaan nilai tukar riyal yaman.
seterusnya
Deputi Gubernur Hadhramaut Hadiri Wisuda di Yordania
Yordania-hadhramaut.info, Deputi Gubernur Hadhramaut wilayah lembah dan sahara, Said Utsman Alamudi menghadiri wisuda pelajar asal Hadhramaut di Amman hari ini (03/05) di Universitas Yordania.
seterusnya
Musik Hadhramaut Menggema di Malaysia
Kuala Lumpur-hadhramaut.info, Tim Kesenian Hadhramaut yang tergabung dalam "Suda Sout Musik Hadhrami" tampil memukau di Malaysia dan mendapatkan sambutan yang sangat meriah.
seterusnya
Muktamar Peran Hadharim di Aden
Aden-hadhramaut.info, Panitia Muktamar Sejarah Peran Hadharim di Aden, tengah mengeadakan persiapan-persiapan dengan agenda khususnya membahas riset sejarah tersebut dari peserta yang akan hadir.
seterusnya
Mahasiswa Hadhramaut Berprestasi di Sudan
Sudan-hadhramaut.info, Seorang pelajar Hadhramaut yang berprofesi sebagai pengacara berhasil mempertahankan disertasinya di bidang Hukum Syariah dan Undang-undang Yaman dan Sudan dengan predikat Cumlaude.
seterusnya
Kementerian Wakaf Terbitkan Himbauan Manajer Umum Distrik Mukalla, Awadh Bin Hamil, dan Kepala Kementerian Wakaf, Abdullah Syaikhan Habsyi, menerbitkan himbuan dan arahan untuk segenap para imam dan muadzin masjid-masjid dan para kepala kampung di Mukalla. seterusnya
Mazut Untuk Listrik Wilayah Pantai Sampai Di Pelabuhan Mukalla Manajer Umum, Perusahaan Minyak Yaman wilayah Pesisir Hadhramaut, Dr. Khalid Salman Akbari, memberitakan sampainya 5000 ton kubik mazut dari Kilang Minyak Aden. seterusnya
Bahsani Adakan Rapat Kemanan Di Seiyun Jelang Sidang Wakil Rakyat Kepala Badan Keamanan Wilayah Arah Laut, Abdullah Nakha-i, dan Gubernur Hadhramaut, Faraj Salimin Bahsani,di Seiyun mengadakan rapat panitia keamanan di wilayah Lembah dan Sahara untuk mendiskusikan rencana pengamanan menghadapi Sidang Istimewa MPR sesuai arahan Presien Abdo rabo Mansour Hadi. seterusnya
Petani Mukalla Berhasil Tanam Srikaya Setelah keberhasilan  Hud Basweyd dalam mengembangkan tanaman padi di Hadhramaut, giliran para petani Mukalla berhasil mengembangkan tanaman buah srikaya Annona Sp. seterusnya
uwadh6 1/7
See also:
uwadh6
Karapan Onta1
Tradisi Tahunan Ziarah Makam Nabi Hud di Yaman, Penziarah dari Berbagai Negara Berdatangan
Nabi Hud As adalah nabi yang diutus Allah SWT untuk kaum 'Ad yang tinggal di wadi' Ahgaff, Hadhramaut, Yaman. Penduduk Hadhramaut, Yaman mempunyai tradisi ziarah tahunan ke makam Nabi Hud As selama satu minggu penuh. Tradisi ziarah ini biasanya digelar di bulan Syakban, seminggu waktu ziarah merupakan waktu libur tahunan bagi para pekerja dan petani yang ada di sana, sehingga mereka bisa leluasa untuk beribadah penuh dan menyiapkan mental sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.
seterusnya
At Tahawid dan Al Marazikh, Tradisi Warga Tarim Menjelang Ziarah Nabiyullah Hud As
BULAN Syakban merupakan bulan yang ditunggu-tunggu masyarakat di Provinsi Hadhramaut, Republik Yaman. Pasalnya, di sepuluh awal bulan tersebut warga setempat mengadakan ziarah tahunan ke makam nabiyullah Hud as.
seterusnya
Haul Muassis Universitas al-Ahgaff al-Habib Abdullah bin Mahfudz bin Muhammad bin Ibrahim al-Haddad
18 Februari 2019 M, bertepatan dengan tanggal 13 Jumadi Tsani 1440 H. Telah dilaksanakan acara Haul Muassis Universitas Al - Ahgaff yang bertempatkan di Masjid Jami' Raudhah Mukalla Hadramaut, Yaman. Acara tersebut dihadiri oleh segenap masyarakat, khususnya para Habaib dan Alim-Ulama.
seterusnya
Haul habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi
(Pengarang maulid Simtud Duror). 

Sudah tak asing lagi di telinga kita dengan yang namanya maulid "Simtud Duror" karangan habib Ali Al-Habsyi. Sebuah kitab yang di dalamnya terdapat petikan sirah dan syamail Nabi.
seterusnya
Inat Kota Kuno Di Hadhramaut
Inat merupakan salah satu daerah kuno di propinsi Hadhramaut , tidak diketahui pasti kapan daerah ini mulai dihuni manusia.Akan tetapi ditemukan sejumlah prasasti dan tulisan yang memperkuat pendapat bahwa Inat merupakan daerah tua dan telah dihuni manusia sejak ratusan abad yang lalu.
seterusnya
Belajar Bahasa Arab Di sini anda dapat mengenal bahasa arab yang digunakan sehari-hari di Hadhramaut
Di Bandara
Di Klinik (bagian2)
Di Klinik (bagian1)
Waktu Setempat: 10:39 AM Seiyun (Arabic) Mukalla (Arabic) Put here the freq. of both radio channels
Prakiraan Cuaca Untuk mengetahui cuaca di Provinsi Hadhramaut
Jadwal Penerbangan Untuk mengetahui jadwal penerbangan di Hadhramaut
Mata Uang Untuk mengetahui nilai tukar Riyal Yaman terhadap mata  uang asing
Kode Telepon Untuk mengetahui kode telepon di Kota - kota Hadhramaut
Nomor Darurat Untuk mengetahui nomor darurat di Kota - kota Hadhramaut
Website Ini Dikelola Oleh Pemprov Hadhramaut Untuk Memberikan Informasi Kepada Warga di Asia Tenggara, Bagaimana Menurut Anda ?



Hasil
Istimewa 60% Bagus 26% Standar 8% Buruk 6%
All rights © reserved Hadhramaut gov. websites network
Powered by E-Commerce Yemen Co. Ltd.
privacy policy - user Agreement