http://www.english.hadhramaut.info Rektor Ahgaff Isi Mata Kuliah Sekte Islam dan Aliran Pemikiran [The Source: indo.hadhramaut.info - 21/12/2012]
Tarim Untuk kali pertama, rektor Universitas Al-Ahgaff, Prof. Habib Abdullah bin Muhammad Baharun, didaulat mengisi mata kuliah sekte Islam dan Aliran pemikiran kontemporer. Diktat yang mengupas seputar kemunculan, perkembangan, dan perbedaan corak pemikiran sekte dalam Islam serta aliran pemikiran kekinian tersebut dikhususkan untuk mahasiswa tingkat tiga fakultas syariah. Beberapa aliran pemikiran yang dikaji, antara lain globalisasi, pluralisme, liberalisme, feminisme, dan isu-isu seputar wacana orientalis. Kuliah yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Syariah tersebut dilakukan secara maraton selama 9 hari, sejak 2 hingga  10 Desember 2012.

Mata kuliah sekte dan aliran Islam (al-Firoq wa at-Tayyarot al-Muashiroh) sendiri resmi dijadikan mata kuliah untuk mahasiswa fakultas syariah tingkat tiga sejak tahun 2010. Selain untuk membekali mahasiswa dalam menghadapi wacana pemikiran yang berkembang di dunia Islam, diharapkan pelajaran ini juga mampu memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk semakin berhati hati kepada syubhat yang dilancarkan para musuh Islam yang semakin lama dinilai makin massif melancarkan propagandanya. (Dzul Fahmi)