"SIAPA pelopor?" Perlu ditanggapi dan dicari jawapan yang betul dan tepat. Pertanyaan tersebut adalah sukar dijawab, namun penulis cuba menghuraikan berdasarkan bahan-bahan tertulis dan pengalaman yang pernah ditempuhi. Sukar penulis katakan, kerana pertanyaan itu masih terlalu umum.
Penulisan abad ke 18-19, dijumpai manuskrip-manuskrip karya ulama-ulama Palembang, Banjar, Patani, Aceh, Sumbawa dan dari tempat-tempat lainnya. Ulama yang berasal dari Palembang yang paling terkenal ialah Sheikh Abdus Samad al-Falimbani. Sebagaimana telah disebutkan bahawa karya beliau terawal adalah Zahrat al-Murid, 1178 H/1764 M.
Koleksi tulisan KH. Wan Shagir Abdullah

Perbincangan pada kali ini masih berkisar berkaitan ulama-ulama Asia Tenggara dari sudut penulisan manuskrip yang ditinjau dari pelbagai peringkat zaman. Sebelum ini telah dibicarakan dari peringkat pertama sehingga keenam. Peringkat keenam adalah antara peringkat zaman yang banyak dihasilkan penulisan-penulisan manuskrip oleh ulama-ulama yang ada pada zaman tersebut. Antaranya Sheikh Daud al-Fathani, Sheikh Abdul Qadir bin Abdur Rahim al-Fathani Bukit Bayas, Sheikh Muhammad bin Khatib Langien dan beberapa lagi. Maka pada kali ini disambung lagi kepada beberapa ulama yang belum selesai dibicarakan lagi, dan masih pada peringkat keenam.
Oleh : Wan Mohd. Shaghir Abdallah, Tokoh Ulama Fathani Tailand

Nama lengkapnya ialah Saiyid Muhammad bin Saiyid Zainal 'Abidin al-'Aidrus, selanjutnya disingkat dengan Saiyid Muhammad al-'Aidrus saja. Nama gelar ialah Tokku Tuan Besar. Saiyid Muhammad al-'Aidrus lahir pada 21 Rejab 1209 H/12 Februari 1795 M dan wafat pada malam Isnin, 17 Muharam 1295 H 21 Januari 1878 M. Ada perbezaan dua maklumatnya saya dapati jika dibandingkan dengan salasilah yang lain. Ada yang menulis bahawa ayah Saiyid Zainal 'Abidin al-'Aidrus bernama Saiyid Syeikh bin Saiyid Mustafa al-'Aidrus.
Hadhramaut Kuwait Jalin Kerjasama Multilateral
Kuwait-hadhramaut.info, Gubernur Hadhramaut, Khalid Said ad-Daini mengundang Gubernur al-Ahmadi Kuwait, Fawaz al-Khalid al-Hamd as-Shabah berkunjung ke Hadhramaut untuk menjajaki kemungkinan kerjasama multilateral kedua Provinsi.
seterusnya
Dirut Total Temui PM Yaman, Bahas Harga Minyak di Yaman
Sana'a-hadhramaut.info, Direktur Utama (Dirut) di Semenanjung Arab dari perusahaan minyak asal Perancis, Steven Messell menemui Perdana Menteri Yaman yang baru dilantik, Khalid Mahfudz Bahah, untuk membicarakan perusahaan minyaknya yang sudah beroperasi puluhan tahun di Yaman, menyusul terbentuknya pemerintahan baru di bawah pimpinan Bahah setelah masa transisi selesai.
seterusnya
Wagub Hadhramaut Bahas Tanah Milik Negara di Distrik Seiyun
Seiyun-hadhramaut.info, Wakil Gubernur Hadhramaut bagian Lembah dan Sahara, Salim Yaslam bin Syarman mengadakan pertemuan khusus yang melibatkan semua jajaran pejabat di wilayah tersebut untuk membahas tanah milik negara.
seterusnya
Total Renovasi Sekolah Sakdan Syah
Mukalla-hadhramaut.info, Perusahaan minyak asal Perancis, Total memberikan bantuannya untuk merenovasi sekolah tingkat dasar di Desa Sakdan Distrik Syah Hadhramaut.
seterusnya
Perusahaan Cina Berminat Tingkatkan Pelayanan Di Pelabuhan Aden
Sana’a,Perusahaan Ksuko navigasi Cina merupakan salah satu dari lima perusahaan pelayaran terbesar di dunia menyatakan keinginannya untuk mengembangkan  pelabuhan Aden dan meningkatkan  jasa pelayanan pelabuhan sesuai standar internasional
seterusnya
Ekspor Minyak Yaman Tahun Ini Menurun Drastis
Sana’a,Pendapatan Yaman dari ekspor minyak sleama periode Januari sampai oktobar tahun ini mencapai 1,4 miliar atau mengalami penurunan yang signifikan sebesar  USD  800 juta untuk periode yang sama tahun lalu.

seterusnya
500 Juta Real Nilai Ekspor Yaman Di Bulan November
Aden,Pelabuhan Aden salah satu pintu masuk kapal –kapal barang ke Yaman merupakan salah satu pelabuhan penting di semenanjung Arab.Hal ini dapat diketahui dengan banyaknya aktivitas ekspor impor di pelabuhan ini
seterusnya
Menteri Perdagangan Dan Industri Bertemu Delegasi Bank Dunia Di Sana'a
Sana'a,Menteri Perdagangan dan Perindustrian Dr Muhammad Al-Saadi  kemarin (15/12) bertemu dengan delegasi Bank Dunia yang diketuai oleh Direktur wilayah Timur Tengah Naji bin Hussain guna membahas peningkatan kerjasama antara kementerian dan bank, terutama di sektor  peningkatan lingkungan bisnis
seterusnya
Kenang Tokoh Pendidikan, Para Guru Gelar Seremonial
Mukalla-hadhramaut.info, Sejumlah guru di Provinsi Hadhramaut akan menghadiri seremonial mengenang toko guru yang telah meninggal dunia beberapa tahun yang lalu, Salim Muhammad Haqqan. Seremoni akan digelar pada Rabu (22/10) hari ini di Mukalla.
seterusnya
Tutup Pesta Sejarah, Tarim Diramaikan Dengan Pacuan Onta
Tarim-hadhramaut.info, Kota Tarim yang terkenal dengan sebutan Kota Seribu Wali dan Kota Pelajar, kemarin sore, Selasa (07/10) menyelenggarakan pacuan onta dan menampilkan tarian adat.
seterusnya
Buku Sejarah Peradaban Hadhramaut Diluncurkan
Mukalla, hadhramaut.info, Sebuah buku yang menyajikan sejarah peradaban Hadhramaut masa lalu telah diluncurkan kemarin, Kamis (11/09). Buku tersebut ditulis oleh Mar'i Mubarak Rabba'dan dicetak oleh percetakan Dar Jami'ah Aden.
seterusnya
Yaman Ikuti Pameran Wisata di Berlin, Jerman
Mukalla-hadhramaut.info, Yaman ikuti pameran wisata di Berlin, Jerman yang berlangsung mulai tanggal 5 hingga 9 Maret 2014. lebih dari 110 spesialis dari sekitar 189 negara ikut ambil bagian dalam pameran tersebut.
seterusnya
Mendagri Temui Ketua Delegasi Uni Eropa Untuk Yaman Sana'a, Saba. Menteri Dalam Negeri, Jalal al-Rowaishan, menemui Ketua Delegasi Uni Eropa untuk Yaman, Bettina mucheidt, dan mendiskusikan masalah cara untuk mendapatkan bantuan negara-negara donor berupa keamanan, sesuai dengan rancangan yang telah direncanakan kementerian dalam negeri di dalam masalah ini. seterusnya
Diskusi Kerjasama Pendidikan Yaman-Maroko Rabat, Saba. Dialog Yaman-Maroko di bidang Pendidikan Tinggi dan Riset Ilmiah di ibukota
Maroko, Rabat, dimulai.
seterusnya
Yaman - Belgia Diskusikan Kerjasama Bilateral Sana'a, Saba. Menteri Perencanaan dan Kerjasama Internasonal, Dr. Mohammed al-Maitami, berdiskusi dengan Duta Besar Tidak Tetap Belgia di Yaman, Gert Creel, mengenai hubungan kerjasama kedua negara. seterusnya
Presiden Temui Diplomat Swedia Sana'a, Saba. Presiden Abdo Rabo Mansour Hadi menerima Duta Besar Tidak Tetap Swedia, Dag Pauline Danflet, dan mendiskusikan perkembangan terakhir di Yaman. seterusnya
Perpustakaan Online Kuwait 7 1/7
See also:
Perpustakaan Online Kuwait 7
Perpustakaan Online Kuwait 6
Kuwait Resmikan Perpustakaan Online di Hadhramaut
Mukalla-hadhramaut.info, Ketua Yayasan Ri'ayah at-Thalib Kuwait, Thalal Abdul Karim Arabi meresmikan dua perpustakaan online di Universitas Hadhramaut dan Universitas al-Ahgaff.
seterusnya
Jamiah Islamiah Salurkan 5330 Ekor Kambing Kurban Untuk 20750 Keluarga Di Hadhramaut Mukallastar, Mukalla. Jamiah Islamiah yang bergerak di bidang sosial dan kebudayaan
meresmikan proyek pembagian daging Kurban periode tahun 1435 untuk 20750 keluarga miskin dan membutuhkan di wilayah pesisir provinsi Hadhramaut, proyek ini merupakan uluran tangan Sultan Kabus Bin Said, Sultan Oman. seterusnya
Kunjungan Madco Energi Indonesia di Hadhramaut
Mukalla-hadhramaut.info, Gubernur Hadhramaut, Khalid Said Addaini menyambut kedatangan delegasi perusahaan minyak Indonesia, Madco Energi yang dipimpin oleh direktur utama perusahaan tersebut, Lukman Mahfudz di Ibu kota Provinsi Hadhramaut, Mukalla kemarin, Rabu (07/05) di Kediaman Profesor al-Habib Abdullah Baharun, Rektor Universitas al-Ahgaff.
seterusnya
Hadhramaut dan Maulid Nabi SAW
Mukalla, hadhramaut.info, Bulan Robi'ul Awal merupakan bulan yang yang membawa rahmat dan berkah bagi manusia di seluruh penjuru dunia, bukan hanya umat islam yang merasakan hal itu tetapi juga umat-umat lainnya, di mana pada bulan itulah manusia istmewa Sang Pembawa rahmat alam semesta dilahirkan tepatnya pada tanggal 12 robi'ul awal (bulan ke-3 hijriyah), bertepatan dengan hari Senin (13/01), yang kita kenal dengan bulan Maulid Nabi SAW.
seterusnya
Inat Kota Kuno Di Hadhramaut
Inat merupakan salah satu daerah kuno di propinsi Hadhramaut , tidak diketahui pasti kapan daerah ini mulai dihuni manusia.Akan tetapi ditemukan sejumlah prasasti dan tulisan yang memperkuat pendapat bahwa Inat merupakan daerah tua dan telah dihuni manusia sejak ratusan abad yang lalu.
seterusnya
Belajar Bahasa Arab Di sini anda dapat mengenal bahasa arab yang digunakan sehari-hari di Hadhramaut
Di Bandara
Di Klinik (bagian2)
Di Klinik (bagian1)
Waktu Setempat: 06:30 PM Seiyun (Arabic) Mukalla (Arabic) Put here the freq. of both radio channels
Prakiraan Cuaca Untuk mengetahui cuaca di Provinsi Hadhramaut
Jadwal Penerbangan Untuk mengetahui jadwal penerbangan di Hadhramaut
Mata Uang Untuk mengetahui nilai tukar Riyal Yaman terhadap mata  uang asing
Kode Telepon Untuk mengetahui kode telepon di Kota - kota Hadhramaut
Nomor Darurat Untuk mengetahui nomor darurat di Kota - kota Hadhramaut
Bagaimana menurut anda rubrik-rubrik yang kami sajikan




Hasil
 Bagus Sekali 67%  Bagus 23%  Biasa 9%   0%   1%
All rights © reserved Hadhramaut gov. websites network
Powered by E-Commerce Yemen Co. Ltd.
privacy policy - user Agreement