Sekitar pertengahan abad ke-16 Masehi tersebutlah seorang pemuda gagah berdarah Arab di tepi barat pulau Jawa, Cirebon. Selama beberapa bulan ia berlayar dari kampung halamannya di negara Yaman. Saat itu memang sedang gencar-gencarnya orang-orang Arab berimigrasi ke tanah Jawa. Dan salah satunya adalah kakek Mbah Sayid Sulaiman, tokoh yang disebut di awal tulisan ini.
"SIAPA pelopor?" Perlu ditanggapi dan dicari jawapan yang betul dan tepat. Pertanyaan tersebut adalah sukar dijawab, namun penulis cuba menghuraikan berdasarkan bahan-bahan tertulis dan pengalaman yang pernah ditempuhi. Sukar penulis katakan, kerana pertanyaan itu masih terlalu umum.
Penulisan abad ke 18-19, dijumpai manuskrip-manuskrip karya ulama-ulama Palembang, Banjar, Patani, Aceh, Sumbawa dan dari tempat-tempat lainnya. Ulama yang berasal dari Palembang yang paling terkenal ialah Sheikh Abdus Samad al-Falimbani. Sebagaimana telah disebutkan bahawa karya beliau terawal adalah Zahrat al-Murid, 1178 H/1764 M.
Koleksi tulisan KH. Wan Shagir Abdullah

Perbincangan pada kali ini masih berkisar berkaitan ulama-ulama Asia Tenggara dari sudut penulisan manuskrip yang ditinjau dari pelbagai peringkat zaman. Sebelum ini telah dibicarakan dari peringkat pertama sehingga keenam. Peringkat keenam adalah antara peringkat zaman yang banyak dihasilkan penulisan-penulisan manuskrip oleh ulama-ulama yang ada pada zaman tersebut. Antaranya Sheikh Daud al-Fathani, Sheikh Abdul Qadir bin Abdur Rahim al-Fathani Bukit Bayas, Sheikh Muhammad bin Khatib Langien dan beberapa lagi. Maka pada kali ini disambung lagi kepada beberapa ulama yang belum selesai dibicarakan lagi, dan masih pada peringkat keenam.
Pameran Produk Lokal Hasil Karya Wanita Lembah Hadhramaut
Seyun, hadhramaut.info - Expo produk dan kreasi wanita lembah Hadhramaut hari ini memasuki hari kedua setelah dibuka kemarin, beretempat di resort Al Maher Seyun, pameran yang diselenggarakan oleh Persatuan Wanita Yaman (UWY) cabang lembah Hadhramaut dalam rangka memperingati Hari Wanita Dunia dan Hari Ibu dan didukung Organisasi Oxfam.
seterusnya
PT Al Wadi Menyelesaikan 24 Proyek Pompa Air Bertenaga Surya
Seyun, hadhramaut.info - General Manager PT  Al Wadi Pembangkit Tenaga Surya menjelaskan bahwa perusahaannya telah merakit dan memasang 24 proyek pompa air bertega surya di berbagai daerah di Yaman selama tahun 2014 dan diawal tahun 2015, dengan demekian PT Al Wadi merupakan perusahaan terbesar di Yaman yang melakukan pemasangan pompa air tenaga surya.
seterusnya
Peresmian Laboratorium Baru Di Rumah Sakit Umum Seyun
Seyun, hadhramaut.info - Pejabat plt Wakil Gubernur propinsi Hadhramaut bidang distrik Mr.Salem Yuslam Syarman bersama Direktur Departemen Kesehatan dan Kependudukan Hani Khalid Al Amudi Kamis lalu meresmikan Laboratorium virus, hormonal, dan tumor, di Rumah Sakit Umum Seyun, dengang perangkat tes laboratorium yang disumbangkan Perusaan telekomonukasi Yaman (Teleyemen) dengan biaya total $ 35 000.
seterusnya
Kunjungan Direktur Departemen Pendidikan Teknis Hadhramaut Ke Syihr
Syihr, hadhramaut.info - Bertempat di Gedung Institut Kemasyarakatan Distrik Syihr diadakan pertemuan yang diketuai Ibu Laila Al Sya’bi, Direktur Departemen Pendidikan Teknis Hadhramaut.
seterusnya
Badan Investasi Aden Siapkan Dana 5 M Untuk Sejumlah Proyek Di Aden
Aden, Program badan ivestasi cabang Aden untuk proyek-proyek investasi yang berjalan di tahun 2015 telah memiliki dana sebesar  lima miliar real  untuk pelaksanaan sejumlah proyek pelayanan umum di provinsi Aden
seterusnya
Badan Investasi Yaman Membantah Pemberitaan Berhentinya Proyek Investasi Di Yaman
Sana’a, Badan investasi Yaman membantah berita yang diterbitkan oleh beberapa media informasi yang menyatakan proyek investasi Negara teluk dihentikan.
seterusnya
Perusahaan Petro Masila Tentukan Daerah Terlarang Di Perairan Shihir
Perusahaan minyak dan gas (Petro Masila dalam kontribusinya terhadap upaya pengembangan masyarakat dan bekerja sama dengan dewan lokal dan asosiasi nelayan daerah Shihir meminta kepada setiap nelayan untuk tidak mendekat atau menagkap ikan di peraiaran di wilayah pelabuhan dhobah dikarenakan adanya proses pengkilangan minyak.
seterusnya
23 Ribu Kontainer Dibongkar Di Aden Selama Pebruari Lalu
Aden,Pelabuhan kontainer di Aden selama bulan Februari 33 kapal container sarat dengan barang dan berbagai alat dari berbagai pelabuhan di dunia.
seterusnya
Tarim Melepas Salah Satu Pelantun Suara Merdunya
Tarim, hadhramaut.info - Kota Tarim pada senin yang lampau melepas Al Habib Abdullah bin Syihab (Abu Alwi) setelah disholatkan di Jabanah, almarhum telah memberikan kontribusi dalam menghapalkan Alqur'an pada banyak pelajar.
seterusnya
Pentas Seni Dan Olahraga Untuk Memperingati Hari Wanita Internasional
Mukalla, hadhramaut.info - Persatuan Wanita Yaman (YWU) cabang pesisir Hadhramaut meluncurkan beberapa kegiatan perlombaan budaya dan olahraga untk memperingati Hari Wanita Internasional dengan di ikuti beberapa SMU dan sekolah penyandang cacat.
seterusnya
Simposium Pertama Hadhramaut Research Center - Universitas Al Ahgaff Di London
London, hadhramaut.info - Hadhramaut Research Center – Universitas Al Ahqaff, sabtu lalu mengadakan simposium untuk pertama kali di Ibukota Inggris London, denga tema “The Rediscovery of Hadramaut “ dengan dsponsori Institut Studi Timur Tengan di Universitas London.
seterusnya
Mahasiswa Hadhramaut Ikut Serta Dalam Perayaan Hari Warisan Budaya
Riyadh, hadhramaut.info - Mahasiswa Universitas Al Faisal di Riyad merayakan Hari Warisan Budaya Bangsa yang jatuh pada hari Jum'at 13/02/2015, dimana banyak negara ikut berpartisipasi dalam acara ini, termasuk Yaman, Suriah, Palestina, Pakistan, Bangladesh, Jepang, Amerika, dan Yunani.
seterusnya
Yayasan Dermaga Laut Arab Adakan Kursus Pemadaman Api Yayasan Dermaga Laut Arab mengadakan kursus dan pelatihan pemadaman kebakaran dengan menggunakan tabung pemadam kebakaran manual, kursus ini berjalan dengan kerjasama Pemadam Kebakaran Provinsi Hadhramaut. seterusnya
Lima Ribu Warga Yaman Tertahan Di Bandara Udara Asing Jumlah warga negara Yaman yang tertahan di bandara udara-bandara udara asing di luar negeri mulai tanggal 26-31 Maret mencapai 4916 orang, kebanyakan dari mereka saat ini tertahan di Jordania, Habasyah, Asmarah, Mesir, Abu Dhabi, dan Bombay. seterusnya
Telkom : Kabar Perusahaan Layanan Seluler Di Yaman Berhenti Tidak Benar Sana'a, Saba. Pejabat di Kementerian Telekomunikasi dan Teknologi Informasi menyatakan bahwa kabar yang beredar di beberapa media tentang keinginan perusahaan seluler untuk menghentikan layanan di Yaman tidak benar. seterusnya
Gubernur Dan TOTAL Sepakat:Stasiun Gas Untuk Listrik Terus Berjalan Gubernur Hadhramaut, Dr. Adil Bahumaid, meneruskan kesepakatan dengan perusahaan TOTAL untuk meneruskan kerja di sumur-sumur gas yang saat ini turut mensuplai listrik di kawasan lembah Hadhramaut. seterusnya
Perpustakaan Online Kuwait 7 1/7
See also:
Perpustakaan Online Kuwait 7
Perpustakaan Online Kuwait 6
Kuwait Resmikan Perpustakaan Online di Hadhramaut
Mukalla-hadhramaut.info, Ketua Yayasan Ri'ayah at-Thalib Kuwait, Thalal Abdul Karim Arabi meresmikan dua perpustakaan online di Universitas Hadhramaut dan Universitas al-Ahgaff.
seterusnya
Jamiah Islamiah Salurkan 5330 Ekor Kambing Kurban Untuk 20750 Keluarga Di Hadhramaut Mukallastar, Mukalla. Jamiah Islamiah yang bergerak di bidang sosial dan kebudayaan
meresmikan proyek pembagian daging Kurban periode tahun 1435 untuk 20750 keluarga miskin dan membutuhkan di wilayah pesisir provinsi Hadhramaut, proyek ini merupakan uluran tangan Sultan Kabus Bin Said, Sultan Oman. seterusnya
Kunjungan Madco Energi Indonesia di Hadhramaut
Mukalla-hadhramaut.info, Gubernur Hadhramaut, Khalid Said Addaini menyambut kedatangan delegasi perusahaan minyak Indonesia, Madco Energi yang dipimpin oleh direktur utama perusahaan tersebut, Lukman Mahfudz di Ibu kota Provinsi Hadhramaut, Mukalla kemarin, Rabu (07/05) di Kediaman Profesor al-Habib Abdullah Baharun, Rektor Universitas al-Ahgaff.
seterusnya
Hadhramaut dan Maulid Nabi SAW
Mukalla, hadhramaut.info, Bulan Robi'ul Awal merupakan bulan yang yang membawa rahmat dan berkah bagi manusia di seluruh penjuru dunia, bukan hanya umat islam yang merasakan hal itu tetapi juga umat-umat lainnya, di mana pada bulan itulah manusia istmewa Sang Pembawa rahmat alam semesta dilahirkan tepatnya pada tanggal 12 robi'ul awal (bulan ke-3 hijriyah), bertepatan dengan hari Senin (13/01), yang kita kenal dengan bulan Maulid Nabi SAW.
seterusnya
Inat Kota Kuno Di Hadhramaut
Inat merupakan salah satu daerah kuno di propinsi Hadhramaut , tidak diketahui pasti kapan daerah ini mulai dihuni manusia.Akan tetapi ditemukan sejumlah prasasti dan tulisan yang memperkuat pendapat bahwa Inat merupakan daerah tua dan telah dihuni manusia sejak ratusan abad yang lalu.
seterusnya
Belajar Bahasa Arab Di sini anda dapat mengenal bahasa arab yang digunakan sehari-hari di Hadhramaut
Di Bandara
Di Klinik (bagian2)
Di Klinik (bagian1)
Waktu Setempat: 04:05 PM Seiyun (Arabic) Mukalla (Arabic) Put here the freq. of both radio channels
Prakiraan Cuaca Untuk mengetahui cuaca di Provinsi Hadhramaut
Jadwal Penerbangan Untuk mengetahui jadwal penerbangan di Hadhramaut
Mata Uang Untuk mengetahui nilai tukar Riyal Yaman terhadap mata  uang asing
Kode Telepon Untuk mengetahui kode telepon di Kota - kota Hadhramaut
Nomor Darurat Untuk mengetahui nomor darurat di Kota - kota Hadhramaut
Bagaimana menurut anda rubrik-rubrik yang kami sajikan




Hasil
 Bagus Sekali 67%  Bagus 23%  Biasa 9%   0%   1%
All rights © reserved Hadhramaut gov. websites network
Powered by E-Commerce Yemen Co. Ltd.
privacy policy - user Agreement