Koleksi tulisan KH. Wan Shagir Abdullah

Perbincangan pada kali ini masih berkisar berkaitan ulama-ulama Asia Tenggara dari sudut penulisan manuskrip yang ditinjau dari pelbagai peringkat zaman. Sebelum ini telah dibicarakan dari peringkat pertama sehingga keenam. Peringkat keenam adalah antara peringkat zaman yang banyak dihasilkan penulisan-penulisan manuskrip oleh ulama-ulama yang ada pada zaman tersebut. Antaranya Sheikh Daud al-Fathani, Sheikh Abdul Qadir bin Abdur Rahim al-Fathani Bukit Bayas, Sheikh Muhammad bin Khatib Langien dan beberapa lagi. Maka pada kali ini disambung lagi kepada beberapa ulama yang belum selesai dibicarakan lagi, dan masih pada peringkat keenam.
Oleh : Wan Mohd. Shaghir Abdallah, Tokoh Ulama Fathani Tailand

Nama lengkapnya ialah Saiyid Muhammad bin Saiyid Zainal 'Abidin al-'Aidrus, selanjutnya disingkat dengan Saiyid Muhammad al-'Aidrus saja. Nama gelar ialah Tokku Tuan Besar. Saiyid Muhammad al-'Aidrus lahir pada 21 Rejab 1209 H/12 Februari 1795 M dan wafat pada malam Isnin, 17 Muharam 1295 H 21 Januari 1878 M. Ada perbezaan dua maklumatnya saya dapati jika dibandingkan dengan salasilah yang lain. Ada yang menulis bahawa ayah Saiyid Zainal 'Abidin al-'Aidrus bernama Saiyid Syeikh bin Saiyid Mustafa al-'Aidrus.
Demi Amanah Tradisi Salaf

Bila datang hari Kamis petang, Anda akan menyaksikan suasana di sekitar pemakaman Keramat Empang Bogor yang disesaki ribuan jama’ah. Saat ini, Habib Abdullah-lah yang mengasuh majelis peninggalan Habib Husein tersebut.
Beliau dikenali sebagai salah seorang ulama besar dan wali yang kenamaan di masanya. Tentang karamahnya pernah diceritakan bahawasanya pada suatu hari beliau melihat seorang minum Khamer di Mekkah. Beliau memperingatkan orang itu agar berhenti dari perbuatan mungkarnya. Namun peminum Khamer itu menjawab: “Aku adalah seorang penjahit, aku minum Khamer ini agar membantu daya khayalku dalam menjahit”. Tanya beliau: “Maka Allah memberimu kekayaan apakah anda akan mengulangi perbuatanmu yang semacam ini?” Jawab peminum itu: “Tidak”. Mendengar ucapan orang itu beliau segera mendoakan agar ia diberi kekayaan dan dibukakan jalan untuk bertaubat. Berkat doa beliau orang itu bertaubat dan Allah pun memberinya kekayaan yang berlimpah-limpah.
Sambut Tahun Baru, Ahad Libur Nasional Yaman
Mukalla-hadhramaut.info, Hari Sabtu (25/10) bertepatan dengan awal tahun Hijriyah 1436 H di Yaman, namun karena hari sabtu adalah hari libur, maka sebagai gantinya, Hari Ahad adalah libur nasional. Demikian disampaikan Kementerian Pelayanan Umum dan Asuransi hari ini, Rabu (22/10).
seterusnya
Gubernur Hadhramaut Tinjau Proyek Listrik di Daerah Pedalaman Mukalla
Mukalla-hadhramaut.info, Gubernur Hadhramaut, Khalid a-Daini kemarin, Ahad (19/10) meninjau penyaluran listrik di daerah pedalaman Kota Mukalla, Tsalla.
seterusnya
Lembah al-Ain Gelar Nikah Massal
Al-Ain-hadhramaut.info, Yayasan Sosial di Lembah al-Ain Hadhramaut kemarin, Jumat (10/10) menggelar nikah massal untuk lima puluh delapan pasangan pengantin yang dihadiri oleh sejumlah pejabat Distrik al-Ain dan masyarakat setempat.
seterusnya
Hadhramaut Buka Kampung Sejarah
Seiyun-hadhramaut.info, Kepala Kantor Pariwisata di wilayah lembah dan sahara Hadhramaut, Ali Muhammad Assegaf siang kemarin, Ahad (05/10) meninjau kampung sejarah yang telah dibuka sejak Ahad pagi. Kedatangan Assegaf disambut oleh sejumlah tokoh dan tetua kampung.
seterusnya
54 Ribu Ton Gandum Impor Dari Rusia Tiba Di Aden
Aden, Sekitar 54 ribu ton gandum Rusia kemarin (20/10) tiba di pelabuhan Aden.
seterusnya
Menteri Minyak Dan Pertambangan Bertemu Dubes Prancis Bahas Kerjasama Ekonomi Dan Investasi
Sana’a, Menteri Minyak dan Tambang Husain Rashid al-Kaf hari kemarin (19/10) menerima kunjungan duta besar Prancis, Jean-Marc Grojeran,dalam pertemuan tersebut keduanya membahas kerjasama ekonomi dan investasi antara kedua negara di bidang minyak dan gas, tambang dan cara-cara untuk meningkatkannya.

seterusnya
Yaman Ekspor 4 Ribu Hasil Dalam Negeri Melalui Aden Aden,Sebanyak  4 427 ton ikan hasil pertanian dan industri kemarin (18/10/2014) diekspor melalui pelabuhan Aden . seterusnya
Alat Pengangkut Listrik Akan Segera Dipasang Di Pelabuhan Aden
Direktur Eksekutif Aden Refinery, Dr Najib Mansur Awaj mengatakan aka nada enam alat pengangkut yang akan dioperasikan secara elektronik di pelabuhan minyak untuk mempercepat operasi bongkar muat.
seterusnya
Kenang Tokoh Pendidikan, Para Guru Gelar Seremonial
Mukalla-hadhramaut.info, Sejumlah guru di Provinsi Hadhramaut akan menghadiri seremonial mengenang toko guru yang telah meninggal dunia beberapa tahun yang lalu, Salim Muhammad Haqqan. Seremoni akan digelar pada Rabu (22/10) hari ini di Mukalla.
seterusnya
Tutup Pesta Sejarah, Tarim Diramaikan Dengan Pacuan Onta
Tarim-hadhramaut.info, Kota Tarim yang terkenal dengan sebutan Kota Seribu Wali dan Kota Pelajar, kemarin sore, Selasa (07/10) menyelenggarakan pacuan onta dan menampilkan tarian adat.
seterusnya
Buku Sejarah Peradaban Hadhramaut Diluncurkan
Mukalla, hadhramaut.info, Sebuah buku yang menyajikan sejarah peradaban Hadhramaut masa lalu telah diluncurkan kemarin, Kamis (11/09). Buku tersebut ditulis oleh Mar'i Mubarak Rabba'dan dicetak oleh percetakan Dar Jami'ah Aden.
seterusnya
Yaman Ikuti Pameran Wisata di Berlin, Jerman
Mukalla-hadhramaut.info, Yaman ikuti pameran wisata di Berlin, Jerman yang berlangsung mulai tanggal 5 hingga 9 Maret 2014. lebih dari 110 spesialis dari sekitar 189 negara ikut ambil bagian dalam pameran tersebut.
seterusnya
Yaman-WFP Diskusikan Dukungan Pangan Sana'a, Saba. Menteri Perencanaan Dan Kerjasama Internasional, Mohamed al-Saadi, bersama Direktur Regional Program Pangan Duania (WFP), Mohammed Diab telah mendiskusikan kerjasama diantara keduanya. seterusnya
Komisi Penyusun Konstitusi Bertolak Ke Emirates Untuk Selesaikan Tugas Di Abu Dhabi Sana'a, Saba. Komisi Penyusun Konstitusi berangkat menuju Uni Emirat Arab dalam kunjungan selama satu bulan untuk meneruskan rapat penyelesaian undang-undang tersebut di Abu Dhabi. seterusnya
Yaman-Somalia Diskusikan Kerjasama Mogadishu, Saba. Menteri Luar Negeri dan Promosi Investasi Somalia, Dr. Abdurrahman Duala Beileh menemui Charge d'Affairs Kedutaan Yaman untuk Somalia, Fuad al-Zurqa. seterusnya
Yaman-UNHCR Diskusikan Kerjasama Sana'a, Saba. Deputi Menteri Luar Negeri - Kepala Komisi Nasional Urusan Pengungsi - Amir al-Aidaroos menemui Perwakilan Komisi Tinggi PBB Bidang Pengungsi (UNHCR) di Yaman, Johannes Klaauw. seterusnya
Gubernur dan Dirut Madco Energi 10 1/7
See also:
Gubernur dan Dirut Madco Energi 10
Gubernur dan Dirut Madco Energi 9
Jamiah Islamiah Salurkan 5330 Ekor Kambing Kurban Untuk 20750 Keluarga Di Hadhramaut Mukallastar, Mukalla. Jamiah Islamiah yang bergerak di bidang sosial dan kebudayaan
meresmikan proyek pembagian daging Kurban periode tahun 1435 untuk 20750 keluarga miskin dan membutuhkan di wilayah pesisir provinsi Hadhramaut, proyek ini merupakan uluran tangan Sultan Kabus Bin Said, Sultan Oman. seterusnya
Kunjungan Madco Energi Indonesia di Hadhramaut
Mukalla-hadhramaut.info, Gubernur Hadhramaut, Khalid Said Addaini menyambut kedatangan delegasi perusahaan minyak Indonesia, Madco Energi yang dipimpin oleh direktur utama perusahaan tersebut, Lukman Mahfudz di Ibu kota Provinsi Hadhramaut, Mukalla kemarin, Rabu (07/05) di Kediaman Profesor al-Habib Abdullah Baharun, Rektor Universitas al-Ahgaff.
seterusnya
Hadhramaut dan Maulid Nabi SAW
Mukalla, hadhramaut.info, Bulan Robi'ul Awal merupakan bulan yang yang membawa rahmat dan berkah bagi manusia di seluruh penjuru dunia, bukan hanya umat islam yang merasakan hal itu tetapi juga umat-umat lainnya, di mana pada bulan itulah manusia istmewa Sang Pembawa rahmat alam semesta dilahirkan tepatnya pada tanggal 12 robi'ul awal (bulan ke-3 hijriyah), bertepatan dengan hari Senin (13/01), yang kita kenal dengan bulan Maulid Nabi SAW.
seterusnya
Prosesi Ziarah Nabi Hud as
Tarim, hadhramaut.info - Ziarah Nabi Hud as merupakan rangkaian seremonial religi yang digelar setiap tahun pada bulan Sya'ban di lembah Ahgaff yang diabadikan sebagai salah satu nama surah dalam al-Qur'an.
seterusnya
Inat Kota Kuno Di Hadhramaut
Inat merupakan salah satu daerah kuno di propinsi Hadhramaut , tidak diketahui pasti kapan daerah ini mulai dihuni manusia.Akan tetapi ditemukan sejumlah prasasti dan tulisan yang memperkuat pendapat bahwa Inat merupakan daerah tua dan telah dihuni manusia sejak ratusan abad yang lalu.
seterusnya
Belajar Bahasa Arab Di sini anda dapat mengenal bahasa arab yang digunakan sehari-hari di Hadhramaut
Di Bandara
Di Klinik (bagian2)
Di Klinik (bagian1)
Waktu Setempat: 04:47 AM Seiyun (Arabic) Mukalla (Arabic) Put here the freq. of both radio channels
Prakiraan Cuaca Untuk mengetahui cuaca di Provinsi Hadhramaut
Jadwal Penerbangan Untuk mengetahui jadwal penerbangan di Hadhramaut
Mata Uang Untuk mengetahui nilai tukar Riyal Yaman terhadap mata  uang asing
Kode Telepon Untuk mengetahui kode telepon di Kota - kota Hadhramaut
Nomor Darurat Untuk mengetahui nomor darurat di Kota - kota Hadhramaut
Bagaimana menurut anda rubrik-rubrik yang kami sajikan




Hasil
 Bagus Sekali 67%  Bagus 23%  Biasa 9%   0%   0%
All rights © reserved Hadhramaut gov. websites network
Powered by E-Commerce Yemen Co. Ltd.
privacy policy - user Agreement