"SIAPA pelopor?" Perlu ditanggapi dan dicari jawapan yang betul dan tepat. Pertanyaan tersebut adalah sukar dijawab, namun penulis cuba menghuraikan berdasarkan bahan-bahan tertulis dan pengalaman yang pernah ditempuhi. Sukar penulis katakan, kerana pertanyaan itu masih terlalu umum.
Penulisan abad ke 18-19, dijumpai manuskrip-manuskrip karya ulama-ulama Palembang, Banjar, Patani, Aceh, Sumbawa dan dari tempat-tempat lainnya. Ulama yang berasal dari Palembang yang paling terkenal ialah Sheikh Abdus Samad al-Falimbani. Sebagaimana telah disebutkan bahawa karya beliau terawal adalah Zahrat al-Murid, 1178 H/1764 M.
Koleksi tulisan KH. Wan Shagir Abdullah

Perbincangan pada kali ini masih berkisar berkaitan ulama-ulama Asia Tenggara dari sudut penulisan manuskrip yang ditinjau dari pelbagai peringkat zaman. Sebelum ini telah dibicarakan dari peringkat pertama sehingga keenam. Peringkat keenam adalah antara peringkat zaman yang banyak dihasilkan penulisan-penulisan manuskrip oleh ulama-ulama yang ada pada zaman tersebut. Antaranya Sheikh Daud al-Fathani, Sheikh Abdul Qadir bin Abdur Rahim al-Fathani Bukit Bayas, Sheikh Muhammad bin Khatib Langien dan beberapa lagi. Maka pada kali ini disambung lagi kepada beberapa ulama yang belum selesai dibicarakan lagi, dan masih pada peringkat keenam.
Oleh : Wan Mohd. Shaghir Abdallah, Tokoh Ulama Fathani Tailand

Nama lengkapnya ialah Saiyid Muhammad bin Saiyid Zainal 'Abidin al-'Aidrus, selanjutnya disingkat dengan Saiyid Muhammad al-'Aidrus saja. Nama gelar ialah Tokku Tuan Besar. Saiyid Muhammad al-'Aidrus lahir pada 21 Rejab 1209 H/12 Februari 1795 M dan wafat pada malam Isnin, 17 Muharam 1295 H 21 Januari 1878 M. Ada perbezaan dua maklumatnya saya dapati jika dibandingkan dengan salasilah yang lain. Ada yang menulis bahawa ayah Saiyid Zainal 'Abidin al-'Aidrus bernama Saiyid Syeikh bin Saiyid Mustafa al-'Aidrus.
Pernyataan Otoritas Hadhramaut Pasca Pengunduran Diri Presiden dan Jajaran Pemerintahan Yaman
Mukalla, hadhramaut.info - Otoritas lokal dan komite keamanan Provinsi Hadhramaut mengeluarkan pernyataan kemarin sore, Jumat (23/01) tentang langkah-langkah yang harus diambil dalam masa kekosongan pemerintahan di negeri tersebut setelah Presiden Abdu Rabbu Mansur Hadi dan seluruh jajaran pemerintahan mengundurkan diri pada Kamis sore (22/01).
seterusnya
Yaman Hadiri Konferensi PUIC di Istanbul Turki
Sana'a, hadhramaut.info - Yaman ikut berpartisipasi dalam konferensi Organisasi Parlemen Anggota Negara-negara Islam(PUIC) ke-10 yang akan diadakan di Istambul, Turki.
seterusnya
Cina Bangun Proyek Perikanan di Suqotra
Socotra, hadhramaut.info - Menteri Perikanan dan Kekayaan Sumber Daya Alam, Fahd Kifain bersama dengan Gubernur Soqotra, Said Bahaqibah Senin kemarin bertemu dengan sejumlah pengusaha asal Cina untuk membahas dukungan dari salah satu perusahaan Cina yang akan mendirikan program perikanan di Kepulauan Suqotra Hadhramaut.
seterusnya
Warga Hadhramaut Mudah Dapatkan KTP Elektronik
Gubernur Hadhramaut, Adel Muhammad Bahmid, hari ini Sabtu (17/01) meninjau aktifitas Departemen Status dan Catatan Sipil di Ibu Kota Provinsi Hadhramaut, Mukalla, terkait program kartu tanda penduduk (KTP) elektronik bagi semua warga di wilayahnya masing-masing, 
seterusnya
723 Juta Lebih Pendapatan Departeman Telekomonukasi Hadhramaut Tahun 2014
Seiyun,Pendapatan departemen telekomonikasi wilayah gurun dan lembah Hadhramaut tahun 2014 lalu sebesar 723 juta real naik dari tahun sebelumnya dimana pendapatan pada tahun 2013 tercatat sebesar  650 juta real.
seterusnya
Pendapatan Daerah Hadhramaut Tahun 2014 Capai 435 Juta Real
Seiyun,Pendapatan asli daerah propinsi Hadramaut wilayah lembah dan gurun selama tahun 2014 sebesar 435 juta real atau naik dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar  338 juta real.
seterusnya
Perusahaan Pertambangan Minyak Yaman Pastikan Persedian BBM Cukup
Sana'a, Perusahaan pertambangan minyak Yaman menyatakan bahwa produk minyak saat ini tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh wilayah Yaman.
seterusnya
57 Ribu Ton Gandum Rusia Dibongkar Di Aden
Aden,Pelabuhan Aden merupakan salah satu pelabuhan internasional Yaman yang tidak pernah sepi dengan aktivitas ekspor impor,dalam dua terakhir berlabuh empat kapal sarat dengan muatan barang

seterusnya
Kenang Tokoh Pendidikan, Para Guru Gelar Seremonial
Mukalla-hadhramaut.info, Sejumlah guru di Provinsi Hadhramaut akan menghadiri seremonial mengenang toko guru yang telah meninggal dunia beberapa tahun yang lalu, Salim Muhammad Haqqan. Seremoni akan digelar pada Rabu (22/10) hari ini di Mukalla.
seterusnya
Tutup Pesta Sejarah, Tarim Diramaikan Dengan Pacuan Onta
Tarim-hadhramaut.info, Kota Tarim yang terkenal dengan sebutan Kota Seribu Wali dan Kota Pelajar, kemarin sore, Selasa (07/10) menyelenggarakan pacuan onta dan menampilkan tarian adat.
seterusnya
Buku Sejarah Peradaban Hadhramaut Diluncurkan
Mukalla, hadhramaut.info, Sebuah buku yang menyajikan sejarah peradaban Hadhramaut masa lalu telah diluncurkan kemarin, Kamis (11/09). Buku tersebut ditulis oleh Mar'i Mubarak Rabba'dan dicetak oleh percetakan Dar Jami'ah Aden.
seterusnya
Yaman Ikuti Pameran Wisata di Berlin, Jerman
Mukalla-hadhramaut.info, Yaman ikuti pameran wisata di Berlin, Jerman yang berlangsung mulai tanggal 5 hingga 9 Maret 2014. lebih dari 110 spesialis dari sekitar 189 negara ikut ambil bagian dalam pameran tersebut.
seterusnya
GCC, Liga Arab Diskusikan Krisis Yaman Kairo, Saba. Sekretaris Jendral Liga Arab, Nabil al-Arabi, melalui telepon berdiskusi dengan Sekretaris Jenderal, Abdul Latif al-Zayani, mengenai perkembangan terakhir di Yaman. seterusnya
IIRO Buka Kampanye Relif Saudi Di Baida, Seiyun, Dan Marib Baida, Saba. Organisasi Relif Islam Dunia (IIRO) telah meresmikan pembukaan Kampanye Relief Khadim Haramain (pelayan masjidil Haram Makkah dan Madinah) di Baida, Seiyun, dan Marib. seterusnya
DK PBB Lakukan Konsultasi Mengenai Perkembangan Yaman New York, Saba. Dewan Keamanan PBB telah mengadakan konsultasi tertutup untuk mendiskusikan perkembangan terakhir di Yaman dan hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan proses politik damai sesuai dengan Inisiatif Teluk dan Resolusi Dewan Keamanan. seterusnya
Diskusi Persiapan Pertemuan Panitia Yaman-Rusia Di Moskow Sana'a, Saba. Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Politik, Dr. Humaid al-Awadhi, berdiskusi
dengan Pelaksana Duta Besar Rusia untuk Yaman, Olig dremov, mengenai persiapan Rapat PanitiaBersama Yaman-Rusia yang direncanakan dilaksanakan akhir bulan depan di Moskow.
seterusnya
Perpustakaan Online Kuwait 7 1/7
See also:
Perpustakaan Online Kuwait 7
Perpustakaan Online Kuwait 6
Kuwait Resmikan Perpustakaan Online di Hadhramaut
Mukalla-hadhramaut.info, Ketua Yayasan Ri'ayah at-Thalib Kuwait, Thalal Abdul Karim Arabi meresmikan dua perpustakaan online di Universitas Hadhramaut dan Universitas al-Ahgaff.
seterusnya
Jamiah Islamiah Salurkan 5330 Ekor Kambing Kurban Untuk 20750 Keluarga Di Hadhramaut Mukallastar, Mukalla. Jamiah Islamiah yang bergerak di bidang sosial dan kebudayaan
meresmikan proyek pembagian daging Kurban periode tahun 1435 untuk 20750 keluarga miskin dan membutuhkan di wilayah pesisir provinsi Hadhramaut, proyek ini merupakan uluran tangan Sultan Kabus Bin Said, Sultan Oman. seterusnya
Kunjungan Madco Energi Indonesia di Hadhramaut
Mukalla-hadhramaut.info, Gubernur Hadhramaut, Khalid Said Addaini menyambut kedatangan delegasi perusahaan minyak Indonesia, Madco Energi yang dipimpin oleh direktur utama perusahaan tersebut, Lukman Mahfudz di Ibu kota Provinsi Hadhramaut, Mukalla kemarin, Rabu (07/05) di Kediaman Profesor al-Habib Abdullah Baharun, Rektor Universitas al-Ahgaff.
seterusnya
Hadhramaut dan Maulid Nabi SAW
Mukalla, hadhramaut.info, Bulan Robi'ul Awal merupakan bulan yang yang membawa rahmat dan berkah bagi manusia di seluruh penjuru dunia, bukan hanya umat islam yang merasakan hal itu tetapi juga umat-umat lainnya, di mana pada bulan itulah manusia istmewa Sang Pembawa rahmat alam semesta dilahirkan tepatnya pada tanggal 12 robi'ul awal (bulan ke-3 hijriyah), bertepatan dengan hari Senin (13/01), yang kita kenal dengan bulan Maulid Nabi SAW.
seterusnya
Inat Kota Kuno Di Hadhramaut
Inat merupakan salah satu daerah kuno di propinsi Hadhramaut , tidak diketahui pasti kapan daerah ini mulai dihuni manusia.Akan tetapi ditemukan sejumlah prasasti dan tulisan yang memperkuat pendapat bahwa Inat merupakan daerah tua dan telah dihuni manusia sejak ratusan abad yang lalu.
seterusnya
Belajar Bahasa Arab Di sini anda dapat mengenal bahasa arab yang digunakan sehari-hari di Hadhramaut
Di Bandara
Di Klinik (bagian2)
Di Klinik (bagian1)
Waktu Setempat: 12:29 AM Seiyun (Arabic) Mukalla (Arabic) Put here the freq. of both radio channels
Prakiraan Cuaca Untuk mengetahui cuaca di Provinsi Hadhramaut
Jadwal Penerbangan Untuk mengetahui jadwal penerbangan di Hadhramaut
Mata Uang Untuk mengetahui nilai tukar Riyal Yaman terhadap mata  uang asing
Kode Telepon Untuk mengetahui kode telepon di Kota - kota Hadhramaut
Nomor Darurat Untuk mengetahui nomor darurat di Kota - kota Hadhramaut
Bagaimana menurut anda rubrik-rubrik yang kami sajikan




Hasil
 Bagus Sekali 67%  Bagus 23%  Biasa 9%   0%   1%
All rights © reserved Hadhramaut gov. websites network
Powered by E-Commerce Yemen Co. Ltd.
privacy policy - user Agreement